Baru-baru ini, kita mendapatkan berita duka cita dari salah seorang artis papan atas bernama Ashraf Sinclair yang juga seorang suami dari selebritis, Bunga Citra Lestari (BCL) karena mendapatkan serangan jantung di usia yang tergolong muda, 40 tahun. Tentu saja ini cukup mengagetkan pihak keluarga dan juga rekan-rekannya, karena usia Ashraf masih tergolong muda apalagi almarhum juga terkenal rajin berolahraga.

Pastinya ini menimbulkan banyak pertanyaan untuk kita semua, benarkah kita dapat terserang penyakit jantung di usia muda sekalipun rajin berolahraga? Dan bagaimana tips untuk mencegah terkena serangan jantung di usia muda.

“Sebuah studi mengatakan bahwa mereka yang berusia muda antara 20-40 tahun justru lebih rentan untuk memiliki resiko serangan jantung dibanding usia diatasnya.”

Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung Di Usia Muda

Seorang pakar ahli jantung, Luke L mengatakan bahwa faktor utama penyebab resiko serangan jantung karena berhubungan dengan pola hidup dan gejala diabetes yang tidak mereka ketahui. Dan ahli lain mengatakan bahkan tidak hanya itu saja, gejala kolesterol serta hipertensi hingga stres juga salah satu faktor penyebab meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Lazimnya, penyakit jantung di derita oleh mereka yang tergolong usia tua saja, tapi fakta nya sekarang dengan meningkatnya kemajuan peradaban moedern dimana hal ini memaksa orang untuk meninggalkan pola hidup yang sehat, ternyata menyebabkan penyakit jantung juga turut menyerang mereka yang berusia muda.

Agar hal ini tidak terjadi oleh kita, ada baiknya anda mengikuti beberapa Tips Menghindari Serangan Jantung di Usia Muda dibawah ini.

  • Banyaklah Minum Air Putih untuk menghindari dehidrasi khususnya dalam waktu yang lama.
  • Bila rutin berolahraga, sebaiknya tiap 15-20menit meminum cairan isotonik, hindari olahraga yang berlebihan yang dapat membebani kinerja jantung anda.
  • Jaga pola makan untuk menghindari kolesterol tinggi (penumpukan plak di pembuluh darah).
  • Hindari stres agar menghindari resiko hipertensi tinggi, luangkan waktu untuk menghilangkan stres, seperti bersilahturahmi dengan teman, bermain musik atau melakukan hobi lainnya.
  • Kurangi makanan dengan kadar gula tinggi, agar terhindar dari diabetes, merupakan salah satu penyebab serangan jantung.
  • Jangan merokok, ingin hidup sehat dengan jantung yang kuat? Maka tidak merokok adalah cara pintar untuk mewujudkannya.
  • Tidak Minum Alkohol, ini juga merupakan salah satu penyebab kegagalan fungsi jantung anda apalagi bila anda sampai berlebihan.
  • Banyak makan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Tujuannya tentu saja untuk memperkuat kinerja fungsi jantung.
  • Melakukan pendeteksian lebih dini. Khususnya bila anda memiliki riwayat turunan bawaan sakit jantung dari keluarga, akan memiliki resiko lebih besar.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kami rangkum dan bisa kamu lakukan sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan di masa datang. Bila ingin ditambahkan, mungkin anda juga melakukan tips lainnya seperti mengonsumsi produk herbal yang dapat menghindari resiko jantung.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat yaa, selamat mencoba ^_^